|
Jurnal 9
|
|
|
Judul penelitian
|
PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATWAKTUAN
PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA EARNING RESPONSE
COEFFICIENT |
|
Nama peneliti
|
I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi, I Ketut Yadnyana, I Putu Sudana
|
|
Tahun penelitian
|
2016
|
|
Tujuan
|
1)
Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas
terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan.
2)
Untuk mengetahui ukuran perusahaan
terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan.
3)
Untuk mengetahui pengaruh ketepatwaktuan pada earning response coefficient.
4)
Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas pada earning response coefficient.
5)
Untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan pada earning response coefficient.
|
|
Variabel yang digunakan
|
·
Profitabilitas
·
Ukuran Perusahaan
·
Ketepatwaktuan
·
Earnings Response Coefficient
|
|
Metode penelitian
|
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Pengambilan sampel digunakan
dengan metode nonprobability sampling yang dipilih menggunakan purposive
sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Adapun kriteria pemilihan sampel adalah
sebagai berikut: 1) Perusahaan yang tepat waktu menyampaikan laporan keuangan
secara berturut-turut untuk periode 2012-2014; 2) Perusahaan yang laporan
keuangannya telah diaudit dan disertai dengan laporan auditor independen
untuk periode 2012-2014; 3) Laporan keuangan perusahaan dengan tahun buku
yang berakhir pada periode 31 Desember; 4) Perusahaan tidak mengalami
kerugian selama periode estimasi; 5)Laporan keuangan perusahaan tersebut
menyajikan informasi sesuai dengan variabel yang digunakan dalam penelitian
ini, dan menggunakan mata uang rupiah.
Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Model
dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan sehingga membentuk sistem persamaan.
Sistem persamaan ini ada yang menamakan sistem persamaan simultan atau juga
ada yang menyebut model struktural. Mengingat model tersebut dikembangkan
untuk menjawab permasalahan penelitian serta berbasis teori dan konsep, maka
dinamakan model hipotetik.
|
|
Hasil
|
1)
Hasil pengujian menunjukkan variabel
profitabilitas memiliki koefisien regresi positif sebesar 0.570 dengan
tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil dari α (5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa
profitabilitas berpengaruh positif pada ketepatwaktuan penyampaian laporan
keuangan.
2)
Hasil pengujian menunjukkan variabel
ukuran perusahaan memiliki koefisien regresi positif sebesar 0.420 dengan
tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil dari α (5%). Hasil tersebut
menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif pada ketepatwaktuan
penyampaian laporan keuangan.
3)
Hasil pengujian menunjukkan variabel
ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan memiliki koefisien regresi
positif sebesar 0,536 dengan tingkat signifikansi 0.006 lebih kecil dari α
(5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketepatwaktuan penyampaian laporan
keuangan berpengaruh positif pada earning
response coefficient.
4)
Hasil pengujian menunjukkan variabel
profitabilitas memiliki koefisien regresi negatif sebesar -0,419 dengan
tingkat signifikansi 0,008 lebih kecil dari α
(5%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh
negatif pada earning response
coefficient.
5)
Hasil pengujian menunjukkan variabel
ukuran perusahaan memiliki koefisien regresi positif sebesar 0.692 dengan
tingkat signifikansi 0.000 lebih kecil dari a (5%). Hasil tersebut
menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif pada earning
response coefficient.
|
|
Kesimpulan
|
1)
Profitabilitas perusahaan berpengaruh
positif pada ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan perusahaan. Perusahaan
yang memiliki profitabilitas tinggi dapat dikatakan bahwa laporan keuangan
perusahaan tersebut mengandung berita baik dan perusahaan yang mengalami
berita baik akan cenderung menyerahkan laporan keuangannya tepat waktu.
2)
Ukuran perusahaan berpengaruh positif
pada ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan perusahaan. Perusahaan
besar cenderung menjaga image perusahaan di mata masyarakat, untuk
menjaga image tersebut maka perusahaan-perusahaan besar berusaha
menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu.
3)
Profitabilitas berpengaruh negatif pada earning response coefficient. Hal
ini menandakan bahwa ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan memediasi
pengaruh antara profitabilitaspadaearning
response coefficient. Investor akan bereaksi positif apabila informasi
profitabilitas dalam laporan keuangan disampaikan tepat waktu. Sebaliknya,
investor akan bereaksi negatif apabila hanya melihat informasi profitabilitas
perusahaan saja.
4)
Ukuran perusahaan berpengaruh positif
pada earning response coefficient. Hal
ini menandakan bahwa investor akan bereaksi dengan melihatukuran perusahaannya
saja tanpa memperhatikan perusahaan tersebut tepat waktu atau tidak dalam
penyampaian laporan keuangannya.
5)
Ketepatwaktuan penyampaian laporan
keuangan berpengaruh positif pada earning
response coefficient.Semakin tepat perusahaan melaporkan
laporan keuangannya, semakin meningkat keresponan laba perusahaan tersebut
|
|
Pendapat Mengenai
Jurnal
|
Penelitian
ini sudah sangat baik dan jelas penjelasannya dalam membahas tentang menguji
pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap ketepatwaktuan
penyampaian laporan keuangan dan implikasinya pada earning response coefficient perusahaan di Indonesia, khususnya
perusahaan manufaktur. Tetapi terdapat kelemahan dalam penelitian ini yaitu:
·
Penelitian ini hanya dilakukan pada
satu jenis perusahaan saja, yaitu perusahaan manufaktur, sehingga hasil
penelitian ini tidak dapat digeneralisasi untuk semua perusahaan.
·
Penelitian ini juga hanya menggunakan
perusahaan yang tepat waktu menyampaikan laporan keuangan sebagai sampel
penelitian seharusnya peneliti dapat melakukan penelitian komparatif dengan
memasukkan perusahaan yang tepat waktu dan tidak tepat waktu untuk mengetahui pengaruhnya pada earning
response coefficient.
·
Penelitian ini hanya menggunakan satu
ukuran kinerja keuangan perusahaan, yaitu profitabilitas. Selain
profitabilitas, ukuran kinerja keuangan adalah rasio leverage,
likuiditas dan aktivitas seharusnya peneliti dapat menambah variabel
independen yang termasuk dalam kinerja keuangan dan diduga mempengaruhi earning
response coefficient seperti leverage dan likuiditas.
|
Selasa, 28 Maret 2017
Review Jurnal 9 (Analisis Laporan Keuangan Internasional)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar