NPM 20213898
Kelas 1EB18
Desain
grafis
Desain
grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif
mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil
abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam
disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain
grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang
dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Software aplikasi grafis terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Software Aplikasi Grafis Berbasis Vektor
Citra tersusun atas garis dan bentuk geometris (kurva). Bersifat resolution independent yang mempunyai arti gambar tetap baik tanpa tergantung resolusinya. Jadi meskipun diperbesar tetap tidak berkurang kualitasnya.
Software untuk menghasilkan citra grafis berbasis vector dikenal dengan istilah Draw Software. File gambar bertipe vector yang terkenal EPS (Encapsulated Post Script) dan CGM (Computer Graphic metafile).
Software ini terbagi menjadi 2 :
- Software aplikasi vector 2 dimensi
( Adobe
Illustrator, macromedia freehand dan Corel Draw)
- Software aplikasi vector 3 dimensi
(Maya 3D,
Strata 3D CX, Ulead COOL 3D, Swift 3D, AutoCad, 3D Home Architect)
Kelebihan
Grafis Vektor
- Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
- Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
- Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
- Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
Kekurangan
Grafis Vektor
- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
2. Software
Aplikasi Grafis Berbasis Bitmap (Raster)
Citra tersusun atas pola titik (dot) yang disebut picture element (pixel).Bersifat resolution dependent yang mempunyai arti gambar tergantung resolusinya. Jika gambar diperbesar akan kelihatan pecah-pecah.
Software untuk menghasilkan citra grafis berbasis bitmap dikenal dengan istilah Paint Software. File gambar bertipe bitmap yang terkenal JPG, JPEG, BMP, GIF, TIF, TiFF, PCX, dan PNG
Software ini terbagi menjadi 2 :
- Software aplikasi bitmap 2 dimensi
(Windows Paint,
Paintbrush, Adobe Photoshop, Corel Photopaint)
- Software aplikasi bitmap 3 dimensi
(Digital
Clay dan Digital nendo)
Kelebihan Grafis Bitmap
- Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
- Dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari onjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
Kelemahan
Grafis Bitmap
- Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
- Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
Perbedaan
Grafis Vektor dan Grafis Bitmap
Vektor
|
Bitmap
|
1. Gambar tetap jelas ketika di perbesar
|
1. Gambar
kurang jelas ketika di perbesar
|
2. Tersusun oleh garis dan kurva
|
2.
Tersusun atas titik-titik/dot
|
3. Ukuran File yang dihasilkan kecil
|
3. Ukuran
File yang dihasilkan besar
|
4. Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
|
4.
Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel
|
Disini
saya akan membahas salah satu contoh aplikasi berbasis vektor yaitu, macromedia freehand
Macromedia Freehand
Macromedia
FreeHand adalah
aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi
(penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon
untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris)
diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk
Microsoft Windows dan Mac OS X.
Macromedia
FreeHand sangatlah
mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan
dilisensikan ke Aldus, yang
mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung
dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar
dengan Adobe Illustrator, maka Adobe
mengembalikan FreeHand ke Altsys segera
setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian
dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0,
5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.
Sebagai
sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan
sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing
dan web.
Versi
terbarunya, FreeHand 11, dipasarkan sebagai FreeHand MXa, yang menunjukkan
integrasinya dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks, serta masih banyak lagi yang
lainnya.
Gambar tampilan pada macromedia
freehand
Fungsi menu tools box pada macromedia freehand
Arrow Tool
Tool ini digunakan untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
Subselection Tool
Tool ini digunakan untuk merubah suatu objek dengan edit points.
Line Tool
Tool ini digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
Lasso Tool
Tool ini digunakan untuk memilih daerah di objek yang akan diedit.
Pen Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
Text Tool
Tool ini digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
Oval Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.
Rectangle Tool
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.
Pencil Tool
Tool ini digunakan untuk menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai. Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk sempurna.
Brush Tool
Tool ini sering digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.
Free Transform Tool
Tool ini digunakan untuk memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentuk objek menjadi bentuk lain.
Fill Transform Tool
Tools ini digunakan untuk memutar suatu objek yang diimport dari luar lingkungan Flash MX, serta untuk mengatur efek warna.
Ink Bottle Tool
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak ada).
Paint Bucket Tool
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang dipilih.
Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk menghapus objek yang Anda bentuk.
Stroke Color
Tool ini
digunakan untuk memberi warna pada garis / border objek.
Fill Color
Tool ini
digunakan untuk memberi warna pada objek.
Swap Color
Tool ini
digunakan untuk menukar warna objek (Fill Color) dengan warna border / garis
(Stroke Color).
Black & White
Tool ini
digunakan untuk memberi warna objek dan warna border / garis dengan warna hitam
putih.
Zoom Tool
Tool ini
digunakan untuk memperbesar tampilan objek pada stage.
Hand Tool
Tool ini
digunakan untuk menggerakkan suatu tampilan objek pada stage tanpa merubah
posisi objek tersebut pada stage.
Sumber :
Buku TIK
Kelas XII karangan Rudi Hidayat dkk, Penerbit Arilangga
Buku Cara Mudah dan Cepat Belajr
Freehand karangan Mustolih Hakim , Penerbit Mediakom
http://www.aziscs1.com/2011/01/fungsi-fungsi-tools-box-macromedia.html
http://www.aziscs1.com/2011/01/fungsi-fungsi-tools-box-macromedia.html




Tidak ada komentar:
Posting Komentar