Hubungan Organisasi dengan Manajemen :
Dalam manajemen masuk ke dalam
organisasi. Dalam kalimat yang sederhana, manajemen berarti juga proses mengatur
segala hal dalam organisasi. Manajemen, menurut Robbins, memiliki
beberapa fungsi yang harus dilakukannya dalam mengelola organisasi:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Kepemimpinan
4. Pengendalian
Fungsi perencanaan meliputi
menentukan tujuan organisasi, menetapkan suatu strategi keseluruhan untuk
mencapai tujuan, dan mengembangkan suatu hirarki rencana yang menyeluruh untuk
memadukan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.
Fungsi pengorganisasian merupakan
tanggung jawab dalam perancangan struktur organisasi. Fungsi ini mencakup
penetapan tugas-tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan,
bagaimana tugas-tugas itu dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, di mana
keputusan harus diambil.
Semua organisasi terdiri dari
orang-orang, dan adalah tugas manajemen untuk mengarahkan dan mengkoordinasi
mereka. Inilah fungsi kepemimpinan. Saat mereka memotivasi bawahan, mengarahkan
kegiatan orang lain, memilih saluran komuniakasi yangpaling efektif, atau
memecahkan konflik antara anggota, mereka itu sedang melaksanakan kepemimpinan.
Fungsi pengendalian merupakan
fungsi yang terakhir. Setelah tujuan-tujuan ditentukan, rencana-rencana
dirumuskan, pengaturan struktural digambarkan, dan orang-orang dipekerjakan,
dilatih, dan dimotivasi, masih ada kemungkinan bahwa ada sesuatu yang keliru.
Untuk memastikan bahwa semua urusan berjalan seperti seharusnya, manajemen
harus memantau kinerja organisasi. Kinerja yang sebenarnya harus dibandingkan
dengan tujuan-tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Jika terdapat penyimpangan
yang cukup berarti, adalah tugas manajemen utnuk mengembalikan organisasi itu
pada jalurnya. Pemantauan, pembandingan, dan kemungkinan mengoreksi inilah yang
diartikan dengan fungsi pengendalian.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar