Selasa, 12 November 2013

MICROSOFT WORD



A.   Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.

B.    Sejarah Microsoft Word

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

Microsoft Word 2010

Versi ini adalah versi yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7 , Windows Vista (Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3) (Diluncurkan Pada Tahun 2010)

  • Penghilangan fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat lebih ringan.
  • Dukungan Grafis 3D Yang lebih baik
  • Mendukung Standarisasi format Open Document Format (.odf)
  • Mendukung penyuntingan gambar yang lebih kompleks
  • Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
  • Terintegrasi dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
  • Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon yang simpel dan mudah digunakan.

Microsoft Word 2013

Versi ini adalah versi yang terbaru dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7, dan Windows Server 2008 R2 Pada 29 Januari 2013

  • Antarmuka mengusung tema Metro. Mirip Windows 8
  • Penggeseran gambar yang lebih baik
  • Mendukung penyuntingan file Adobe Reader (.pdf)
  • Terintegrasi dengan Skydrive sehingga dapat menyimpan data di Cloud.
  • Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon masih sama seperti Office 2010. Temanya saja yang berbeda.

 

C.     Perkembangan Microsoft Office Word

 

1.      Microsoft Office 3.0

Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.

 

2.      Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2

Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Firman itu disebut Word 6.0 sebagian sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5 (Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh).

 

3.      Microsoft Office 95

Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket - setiap program yang disebut versi 7.0 kecuali Word. Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit sepenuhnya cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM, juga termasuk Bookshelf.

 

4.    Microsoft Office 97

Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.

 

5.      Microsoft Office 2000

Pada versi ini banyak opsi - opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.

 

6.      Microsoft Office XP (2002)

Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal. Kantor Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan untuk membuat tag kustom cerdas.

Dalam Office XP, tag kustom pintar bisa bekerja hanya dalam Word dan Excel. Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik kontroversi luas.

 

7.    Microsoft Office 2003

Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.

 

8.    Microsoft Office 2007

Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Kantor sejak awal dengan toolbar tab, yang dikenal sebagai Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.

 

9.    Microsoft Office 2010

Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file belakang panggung, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.

 

 

10.  Microsoft Office 13

Office 2013 lebih berbasis cloud dari versi sebelumnya. Hal ini terkenal sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive . Microsoft Office 2013 termasuk dukungan diperbarui untuk ISO / IEC 29500, versi Standar Internasional Office Open XML (OOXML) format file serta OASIS ODF 1.2  yang Office 2013 dapat membaca dan menulis. Fitur baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program Office.  Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web.

 
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS.
Berikut tampilan dan perkembangan versi 1.0 sampai 6.0 yang saya kumpulan hasil dari search melalui google :

Tampilan Microsoft Word 1.0


Tampilan Microsoft Word 2.0


Tampilan Microsoft Word 6.0



Seperti yang bisa kita lihat,dari ketiga tampilan versi windows 1.0 lalu 2.0 hingga 6.0 terus mengalami perubahan-perubahan terutama dibagian toolbar menu dan userinterface yang terus ditingkatkan fitur serta kemudahan pemakaiannya yang tentunya bertujuan untuk mempermudah user dalam mengolah kata.

Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya dan terus berkembangnya sistem operasi windows dari versi DOS ke versi lebih GUI(Graphic User Interface) yang dimulai dengan windows 95,dan saat itu juga muncul microsoft word 95,yang diikuti dengan versi 97,2000,2002,2003,2007,2010 hingga 2013.

berikut ini kembali saya tampilkan tampilan microsoft Word 95-2013 :

Tampilan Microsoft Word 95 :



Tampilan Microsoft Word 97 :



Microsoft Word 2003 :



Tampilan Microsoft word 2007 :



Tapilan Microsoft Word 2010 :




Tampilan Microsoft Word 2013 :



Itulah tampilan microsoft word dari versi 95 hingga 2013 yang salah satu versinya pasti pernah anda coba,kalau dilihat dari segi tampilannya microsoft word ini memiliki tampilan yang selalu menyesuaikan dengan tampilan OS windows yang dikeluarkan berdekatan dengan ms.Word tersebut,seperti tampilan Word 97 dan 95 yang mempunyai tampian dengan taskbar silver yang sama dengan warna dominan taskbar dan menu di windows 97-2000 yang juga berwarna silver.
Sedangkan versi 2003 lebih menyesuaikan dengan tampilan windows XP dengan taskbar berwarna biru,
dan untuk versi 2007 dan 2010 dengan tampilan "Aero" khas windows 7,
dan yang paling baru adalah Microsoft word 2013 yang terlihat tampilan Bergaya "Metro"  yang menjadi tampilan khas Windows 8.

 
 

D.   Fungsi Microsoft Word

 

Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD

·         Jenis huruf:
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)

·         Pembuatan Numbering:
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.

·         Pembuatan Outline:
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)

·         Pemakaian Break Section:
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).

·         Penomoran Halaman:
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)

·         Pembuatan Daftar Tabel:
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.

·         Pembuatan Daftar Isi:
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)

·         Editing dengan Document Map:

Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)

 

E.    Cara Mengaktifkan Microsoft Word


Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop

 

F.    Fungsi Icon-Icon Pada Microsoft Word

 

·         Menu control window : untuk menutup, mengembalikan, memindahkan, mengukur, membesarkan dan mengecilkan jendela

·         Menu bar : baris yang berisi menu-menu perintah

·         Toolbar : baris yang berisi kumpulan gambar/simbol yang mewakili suatu perintah dalam menu

·         Statusbar : untuk menampilkan formasi tentang nomor halaman dokumen,posisi kursor,modus pengetikan dan keterangan singkat mengenai fungsi waktu

·         Titlebar : berisikan nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif. Baris judul ini digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang dinginkan(digeser dengan mouse)

·         Icon maximize : untuk memperbesar jendela hingga satu layar penuh/mengembalikan jendela ke ukuran sebelumnya.

·         Icon minimize : untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif pada taskbar

·         Scroll bar : untuk menggulung jendela dokumen pada lembar kerja kekanan/kekiri dan keatas/ke bawah

·         Workspace area : daerah yang digunakan untuk melakukan pengetikan dokumen.

Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button  untuk melakukan minimize, maximize dan menutup aplikasi word.

Perbedaan Tab, Ribbon, dan Group:

Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.

Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.

Office Button

Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.

Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word).

No
Nama Icon
Fungsi
1
New
untuk membuat file dokumen kosong baru
2
Open
untuk membuka file dokumen yang tersimpan
3
Save
untuk menyimpan file dokumen aktif
4
Save As
untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
5
Print
untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
6
Prepare
untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
7
Send
untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
8
Publish
untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
9
Close
untuk menutup file dokumen aktif

TAB HOME

Group Clipboard

No
Nama Icon
Fungsi
1
Paste
untuk menempelkan hasil copy atau cut
2
Cut
untuk memotong teks/objek terpilih
3
Copy
untuk menggandakan teks/objek terpilih
4
Format Painter
untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya

* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

Group Font

No
Nama Icon
Fungsi
1
Font
untuk memilih jenis huruf
2
Font Size
untuk mengatur ukuran huruf
3
Grow Font
untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4
Shrink Font
untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5
Change Case
untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6
Clear Formatting
untuk menghapus pemformatan teks terpilih
7
Bold
untuk menebalkan teks terpilih
8
Italic
untuk memiringkan Teks terpilih
9
Underline
untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10
Strikethrough
memberikan tanda coret padateks terpilih
11
Subscript
untuk mengetik karakter pemangkatan
12
Superscript
untuk mengetik karakter pemangkatan
13
Text Effect
untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
14
Text Highlight Color
untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
15
Font Color
untuk mengatur warna teks terpilih

Group Paragraph

No
Nama Icon
Fungsi
1
Bullets
untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
2
Numbering
untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
3
Decrease Indent
untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4
Increase Indent
untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5
Left-to-Right
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
6
Right-to-Left
untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
7
Sort
untuk menyortir data
8
Show Paragraph Marks
untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph
9
Align Text Left
untuk mengatur teks rata kiri
10
Center
untuk mengatur teks rata tengah
11
Align Text Right
untuk mengatur teks rata kanan
12
Justify
untuk mengatur teks rata kanan-kiri
13
Line Spacing
untuk mengatur jarak antar baris teks
14
Shading
untuk mengatur warna latar teks terpilih
15
Border
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih

Group Styles

No
Nama Icon
Fungsi
1
Heading Styles
berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
2
Change Styles
berisi pilihan pengaturan tema paragraph

Group Editing

No
Nama Icon
Fungsi
1
Find
untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2
Replace
untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3
Select
untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

TAB INSERT

Group Pages

No
Nama Icon
Fungsi
1
Cover Page
Untuk membuat cover/ sampul depan
2
Blank Page
untuk menyisipkan sebuah halaman baru
3
Page Break
Untuk memulai halaman selanjutnya pada posisi saat ini

Group Table

No
Nama Icon
Fungsi
1
Table
untuk membuat table

Group Illustrations

No
Nama Icon
Fungsi
1
Picture
untuk menyisipkan gambar ke dalam dokumen
2
Clip Art
Untuk menyisipkan kreasi seni, film, suara atau photo yang telah terformat
3
Shapes
untuk membuat bentuk-bentuk tertentu tanpa harus memakai aplikasi tambahan
4
SmartArt
untuk menampilkan sebuah visualisasi informasi yang akan ditampilkan dalam bentuk gambar, sehingga mudah dan cepat dalam pembuatannya
5
Chart
untuk membuat diagram

Group Links

No
Nama Icon
Fungsi
1
Hyperlink
Untuk menambahkan sebuah link untuk sebuah halaman web
2
Bookmark
untuk menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen
3
Cross-reference
Digunakan untuk menyisipkanfootnote,caption, cross reference, dan indeks

Group Header & Footer

No
Nama Icon
Fungsi
1
Header
untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian atas dari dokumen
2
Footer
untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian bawah dari dokumen
3
Page Number
untuk menyisipkan nomor halaman ke dokumen

Group Text

No
Nama Icon
Fungsi
1
Text Box
untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen
2
Quick Parts
untuk menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien
3
 WordArt
untuk menyisipkan dekorasi tulisan ke dalam dokumen
4
Drop Cap
Untuk menambahkan huruf kapital dalam ukuran besar di awal paragraph
5
Signature Line
Untuk menyisipkan garis tanda tangan pemilik dokumen
6
Date & Time
untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif
7
Object
untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen

Group Symbols

No
Nama Icon
Fungsi
1
Equation
untuk membuat format matematika
2
Symbol
untuk penyisipan simbol-simbol khusus

Tab Page Layout

Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.

Group Themes

No
Nama Icon
Fungsi
1
Themes
untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
2
Color
untuk mengatur warna tema halaman
3
Fonts
untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
4
Effect
untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen

Group Page Setup

group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Margins
untuk mengatur batas teks di halaman dokumen
2
Orientation
untuk mengatur posisi kertas
3
Size
untuk mengatur ukuran halaman
4
Columns
untuk mengatur jumlah kolom teks
5
Breaks
untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
6
Line Numbers
untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks
7
Hypenation
untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis

Group Page Background

Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Watermark
untuk memberikan efek tanda air di belakang teks
2
Page Color
untuk mengatur warna latar halaman
3
Page Borders digunakan
untuk mengatur garis tepi halaman

Group Paragraph

perintah-perintah yang terdapat group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Indent
untuk mengatur batas teks
2
Spacing
untuk mengatur jarak antar paragraf

Group Arrange

No
Nama Icon
Fungsi
1
Position
untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
2
Wrap text
untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
3
Bring Forward digunakan
untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
4
Send Backward digunakan
untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
5
Selection Pane
untuk menampilkan panel navigasi objek
6
Align digunakan
untuk mengatur posisi objek lepas
7
Group digunakan
untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
8
Rotate digunakan
untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

TAB REFERENCES

Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.

Group Table of Contens

Icon perintah yang terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table of Contens, Add Text, dan Update Table.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Table of Contens
untuk pengelolaan daftar isi
2
Add Text
untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
3
Update Table
untuk memperbarui daftar isi

Group Footnotes

Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Insert Footnote
untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
2
InsertEndnote
untuk menyisipkan catatan di akhir bab
3
Next Footnote.
untuk memantau footnote dan endnote
4
Show Notes
untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote

Group Citation & Bibliography

Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4) Bibliography.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Insert Citation
untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
2
Manage Sources
untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen
3
Style
untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
4
Bibliography
untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif

Group Captions

Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption, (2) Inrert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Insert Caption
untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
2
Insert Table of Figures
untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
3
Update Table
untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
4
Cross-reference
untuk menyisipkan referensi silang

Group Index

Group ini terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index, dan (3) Update Index.

No
Nama Icon
Fungsi
1
Mark Entry
untuk menandai masukan baru dalam dokumen
2
Insert index
untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
3
Update Index
untuk memperbarui daftar indeks terkini

Group Table Ofauthorities

No
Nama Icon
Fungsi
1
Mark Citation
Menambahkan text yang telah dipilih untuk dimasukkan kedalam table of authorities
2
Insert Table Of Authorities
Menyisipkan table of authorities pada document

TAB MAILINGS

Group Create

No
Nama Icon
Fungsi
1
Envelopes
untuk membuat dan mencetak amplop
2
Labels
untuk membuat dan mencetak label

Group Start Mail Merge

No
Nama Icon
Fungsi
1
Start Mail Merge
untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
2
Select Recipients
untuk membuat daftar penerima surat
3
Edit Recepient List
untuk mengubah daftar penerima surat

Group Write & Insert Fields

No
Nama Icon
Fungsi
1
Highlight Merge Fields
untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
2
Address Block
untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
3
Greeting Line
untuk menambah nama sapaan
4
Insert Merge Field
untuk menambah informasi mengenai penerima suraT

Group Preview Result

No
Nama Icon
Fungsi
1
Preview Results
untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat.
2
Find Recipient
untuk mencari daftar penerima surat

GROUP FINISH

No
Nama Icon
Fungsi
1
Finish & Merge
untuk mengetahui bahwa surat yang ibuat sudah lengkap

TAB REVIEW

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji ulang) naskah. Seperti mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa, menyematkan komentar, dan sebagainya.

Group Proofing

No
Nama Icon
Fungsi
1
Spelling & Grammar
Memeriksa ejaan teks
2
Research
Membuka panel penelitian referensi
3
Thesaurus
Saran kata yang sepadan
4
Translate
Menerjemahkan kata ke bahasa lain
5
Translation Screen Tip
Memungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
6
Set Language
Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
7
Word Count
Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam documen

Group Comments

No
Nama Icon
Fungsi
1
New Comment
Memasukkan komentar baru
2
Delete
Menghapus komentar
3
Previous
Memperlihatkan komentar sebelumnya
4
Next
Memperlihatkan komentar selanjutnya

Group Tracking

No
Nama Icon
Fungsi
1
Track Changes
Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
2
Balloons
untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
3
Display For Review
Memilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
4
Show Markup
Memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
5
Reviewing Pane
Menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah

Group Changes

No
Nama Icon
Fungsi
1
Acceptp And Move To Next
menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
2
Reject And Move To Next
menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
3
Previous Change
MENAMPILKAN REVISI SEBELUMNYA DI DALAM DOKUMEN SEHINGGA DAPAT MENERIMA/MENOLAK
4
Next Change
MENAMPILKAN DOKUMEN YANG DAPAT DITERIMA/DITOLAK

Group Compare

No
Nama Icon
Fungsi
1
Compare
mengkombinasikan berbagai versi dari document
2
Show Source Documents
MENUNJUKKAN SUMBER DOKUMEN YANG TERPILIH

Group Protect

No
Nama Icon
Fungsi
1
Protect Document
untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi

TAB VIEW

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan dari aplikasi, seperti menentukan bentuk tampilan halaman, pengaturan perbesaran (zoom) tampilan, membuat macro, mengatur jendela-jendela yang ditampilkan, dan sebagainya.

Group Document Views

No
Nama Icon
Fungsi
1
Print layout
untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
2
Full screen reading
untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
3
Web layout
untuk melihat hasil kerja di web
4
Outline view
untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
5
Draft view
untuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya

Group Show/Hide

No
Nama Icon
Fungsi
1
Ruler, Gridlines, Message Bar,
Formula Bar, Heading
Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang
formula, dan heading

Group Zoom

No
Nama Icon
Fungsi
1
Zoom
untuk Memperbesar tampilan
2
100%
untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
3
One Page
untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
4
Two Page
untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
5
Page Width
untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman

Group Window

No
Nama Icon
Fungsi
1
New Window
Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumenTersebut
2
Arrange All
Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
3
Split Window
Membagi jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkanlembar kerja Anda
4
View Side By Side
Memperlihatkan jendela berdampingan
5
Synchronous Scrolling
Membuat dua jendela menggulung bersamaan
6
Reset Window Position
Menset ulang posisi jendela berdampingan

Group Macros

No
Nama Icon
Fungsi
1
View Macros
Memperlihatkan macro dokumen

G.   Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word

Kelebihan:
1. hadir dalam banyak versi, sehingga memberikan banyak pilihan.
2. lebih cepat dalam hal efisiensi.
3. fitur lwbih menarik.

 

Kekurangan:

1.      Dokumen yang dibuat oleh Office pada versi sebelumnya dapat dibaca pada versi yang lebih baru, namun tidak sebaliknya. Misalkan ketika saya membuat dokumen pada Office 2003 dan saya berpindah komputer yang masih menggunakan Office XP maka dokumen saya tidak akan dapat terbaca atau mungkin masih dapat terbaca namun dengan tulisan yang tidak saya mengerti maksud dan arti katanya.

2.      Microsoft Office juga tidak mendukung format dokumen lain misalnya format Open Document ( odt, odp, odb, odm, odf ). Sungguh tidak adil karena Open Office dapat digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Office namun Microsoft Office tidak dapat digunakan untuk membuka dokumen Open Office.

3.      Semua fungsi dan menu Office relatif mudah digunakan, kecuali pada versi terbaru yaitu Microsoft Office 2007. Pada versi ini tampilan, lokasi, dan tempat menu berubah total sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk belajar, memahami dan membiasakan pengguna dengan tampilan menu baru tersebut.

4.      Semua dokumen yang dibuat oleh Microsoft Office sangat rentan dan rawan terjangkit virus. Telah banyak virus yang mengganggu dokumen yang dibuat dengan aplikasi ini. Virus tersebut merusak, mengganti kata-kata dalam dokumen, atau bahkan yang lebih parah adalah menghapus dokumen kita.

 

Virus tersebut memanfaatkan fasilitas makro yang memang disediakan oleh Microsoft Office. Makro adalah fasilitas untuk menambahkan script basic untuk otomatisasi dokumen. Namun ini disalahgunakan oleh banyak orang sehingga digunakan untuk merusak dokumen.
Selain virus yang berbasis makro, banyak virus lain yang tidak berbasis makro namun memusatkan serangannya pada file dokumen Office. Sehingga semakin bertambah banyaklah perusak-perusak data anda yang berkeliaran di alam bebas.

 

H.   Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2003, 2007,2010

Ø  Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2003

A.    Kelebihan Microsoft Word 2003

1.      Berjalan lebih cepat.

2.      Installer tidak besar.

3.      Lebih optimal untuk mereka yang hanya menggunakan office secara umum.

4.      Microsoft Word 2003 lebih familiar dan mudah penggunaannya. Karena kita sudah terbiasa menggunakannya.

5.      Menyediakan berbagai gaya tulisan yang akan memperindah tampilan naskah.

6.      Pengaturan naskah relatif mudah.

7.      Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.

8.      Defaultnya berformat .doc dimana pada format ini file dapat dibuka pada Microsoft Word 2007 maupun 2010.

9.      Tampilannya lebih bersahabat dan dapat diatur sesuai selera tempat peletakkannya.

10.  Menyimpan file untuk web sedikit lebih simple dibanding Microsoft 2007.

11.  Tab kontekstual dan style gallery tidak mengganggu.

B.     Kekurangan Microsoft Word 2003

1.      Fitur web yang dimiliki kurang lengkap.

2.      File yang dihasilkan ukurannya lebih besar dibanding Microsoft Word 2007.

3.      Security tidak sebaik Office 2007.

4.      Terlihat kuno.

5.      Menu – menunya terkesan berantakan.

6.      Side bar (pada startup) mempersempit lembar kerja.

7.      Fasilitas masih kurang lengkap.

8.      Tidak terdapat ‘office button’.

9.      Loadingnya lebih lama di banding Microsoft Word 2007 dan 2010.

10.  Tidak terdapat ‘smartart’. Smartart merupakan semacam kumpulan template grafis yang mudah digunakan.

11.  Perlu menginstall converter untuk dapat membuka file format Microsoft Word 2007 dan 2010.

12.  Tidak ada ‘quick acces toolbar’

13.  ‘Title Bar’ terletak di pojok kiri atas setelah ikon ‘control menu’.

14.  Memiliki 9 menu utama yang terkesan terlalu banyak memakan tempat.

15.  Toolbar ditampilkan secara horizontal.

16.  Tidak dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.

17.  Save as yang dimiliki masih simple, dan terkesan apa adanya.

18.  Template yang disajikan masih standart.

19.  Tampilan sedikit membosankan.

20.  Tidak memiliki preview dari setiap icon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada icon yang dikehendaki.

Ø  Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2007

A.    Kelebihan Microsoft Word 2007

1.      Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.

2.       Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.

3.      Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.

4.      Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.

5.      Loading lebih cepat dari versi sebelumnya.

6.      Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.

7.      Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.

8.      Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.

9.      Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.

10.  Terdapat smartart. Yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.

11.  Terdapat ‘quick acces toolbar’.

12.  Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.

13.  Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.

14.  Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas.

15.  Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.

16.  Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.

17.  Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.

18.  Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.

19.  Template yang digunakan sudah mulai beragam.

20.  Tampilan lebih menarik.

21.  Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki.

22.  Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.

23.  Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).

24.  Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.

25.  Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).

26.   Dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.

27.  Fitur lebih mudah dieksplorasi dibanding edisi sebelumnya.

B.     Kekurangan Microsoft Word 2007

1.      Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.

2.      Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.

3.      Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.

4.      Installer yang lebih besar.

5.      Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).

6.      Minimal OS Windows XP dengan SP2.

7.      Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.

8.      File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.

9.      Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.

10.  Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.

11.  Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.

Ø  Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2010

A.    Kelebihan Microsoft Word 2010

1.      Fasilitas di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang versinya paling tinggi pada saat ini.

2.      Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.

3.      Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.

4.      Gaya tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.

5.      Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.

6.      Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung.

7.      Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.

8.      Terdapat ‘quick acces toolbar’.

9.      Untuk MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.

10.  Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.

11.  Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas, layaknya Microsoft Word 2007.

12.  Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft Word 2007.

13.  Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar kerja.

14.  Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.

15.  Save as lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.

16.  Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.

17.  Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada edisi yang sebelum-sebelumnya.

18.  Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di ikon tersebut.

19.  Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.

20.  Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.

21.  Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada menu File.

22.  Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

23.  Loading lebih cepat dan lebih ringan.

B.     Kekurangan Microsoft Word 2010

1.      Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.

2.      Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.

3.      Tidak terdapat ‘Office Button’.

4.      Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2010.

5.      Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu

 

 

 

Sumber :








 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar