A.
Pengertian Microsoft Word
Microsoft
Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah
perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft.
Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain
kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984),
SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows (1989).
Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.
B. Sejarah Microsoft Word
Banyak ide
dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata
berbasis grafik
pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta
Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft
pada 1981.
Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC.
Pada 1 Februari
1983, pengembangan Multi-Tool
Word dimulai.
Setelah
diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober
1983 untuk IBM PC.
Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word
memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG,
dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak
miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus
yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse.
Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar
dan WordPerfect, menampilkan
hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak
tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk
Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram
oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang
ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum
ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun
mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for
Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut
mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer.
Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi
dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup
banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya
beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih
stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan
Word 3.01 secara gratis, sehingga
menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu
itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang
sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang
tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows
dirilis pada tahun 1989
dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun
selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for
Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan
performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai
pemimpin pasar pengolah kata.
Microsoft Word 2010
Versi ini
adalah versi yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan
dukungan Untuk Windows 8, Windows 7
, Windows Vista
(Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3)
(Diluncurkan Pada Tahun 2010)
- Penghilangan fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat lebih ringan.
- Dukungan Grafis 3D Yang lebih baik
- Mendukung Standarisasi format Open Document Format (.odf)
- Mendukung penyuntingan gambar yang lebih kompleks
- Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
- Terintegrasi dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
- Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
- Ribbon yang simpel dan mudah digunakan.
Microsoft Word 2013
Versi ini
adalah versi yang terbaru dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows,
dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7,
dan Windows Server 2008 R2 Pada 29 Januari
2013
- Antarmuka mengusung tema Metro. Mirip Windows 8
- Penggeseran gambar yang lebih baik
- Mendukung penyuntingan file Adobe Reader (.pdf)
- Terintegrasi dengan Skydrive sehingga dapat menyimpan data di Cloud.
- Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
- Ribbon masih sama seperti Office 2010. Temanya saja yang berbeda.
C.
Perkembangan
Microsoft Office Word
1. Microsoft Office 3.0
Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0
Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga
dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis,
yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.
2. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2
Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan
Mail. Firman itu disebut Word 6.0 sebagian sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan
5 (Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh).
3. Microsoft Office 95
Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk
menciptakan paritas di paket - setiap program yang disebut versi 7.0 kecuali Word.
Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit sepenuhnya cocok dengan Windows 95.
Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95
Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint,
dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar
ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM, juga
termasuk Bookshelf.
4. Microsoft Office 97
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi
sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu
dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga
memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini
versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
5. Microsoft Office 2000
Pada versi ini banyak opsi - opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut
juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan
opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan?
Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang
bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product
Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.
6. Microsoft Office XP (2002)
Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan
berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP
memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook
untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal. Kantor Safe Mode memungkinkan untuk
mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang
rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan
Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna,
seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan
dengan produk, dan tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan
untuk membuat tag kustom cerdas.
Dalam Office XP, tag kustom pintar bisa bekerja hanya dalam Word dan Excel.
Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte
teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi terakhir untuk
mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama membutuhkan
Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik kontroversi
luas.
7. Microsoft Office 2003
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru.
Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi
yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003
memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC
over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk
mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang
mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak
dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu
terakhir 2009.
8. Microsoft Office 2007
Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka
pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan
toolbar yang telah menjadi landasan Kantor sejak awal dengan toolbar tab, yang
dikenal sebagai Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office
XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.
9. Microsoft Office 2010
Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen
pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk
menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga
belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file belakang panggung,
alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel
navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip
dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.
10.
Microsoft Office 13
Office 2013 lebih berbasis cloud dari versi sebelumnya. Hal ini terkenal
sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive . Microsoft Office 2013
termasuk dukungan diperbarui untuk ISO / IEC 29500, versi Standar Internasional
Office Open XML (OOXML) format file serta OASIS ODF 1.2 yang Office 2013 dapat membaca dan menulis.
Fitur baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam
PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program
Office. Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari sumber
online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0.
sampai 6.0. untuk versi DOS.
Berikut tampilan dan perkembangan versi 1.0 sampai 6.0 yang saya kumpulan hasil dari search melalui google :
Tampilan Microsoft Word 1.0
Berikut tampilan dan perkembangan versi 1.0 sampai 6.0 yang saya kumpulan hasil dari search melalui google :
Tampilan Microsoft Word 1.0
Tampilan Microsoft Word 2.0
Tampilan Microsoft Word 6.0
Seperti yang bisa kita lihat,dari ketiga tampilan versi windows 1.0 lalu 2.0 hingga 6.0 terus mengalami perubahan-perubahan terutama dibagian toolbar menu dan userinterface yang terus ditingkatkan fitur serta kemudahan pemakaiannya yang tentunya bertujuan untuk mempermudah user dalam mengolah kata.
Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya dan terus berkembangnya sistem operasi windows dari versi DOS ke versi lebih GUI(Graphic User Interface) yang dimulai dengan windows 95,dan saat itu juga muncul microsoft word 95,yang diikuti dengan versi 97,2000,2002,2003,2007,2010 hingga 2013.
berikut ini kembali saya tampilkan tampilan microsoft Word 95-2013 :
Tampilan Microsoft Word 95 :
Tampilan Microsoft Word 97 :
Microsoft Word 2003 :
Tampilan Microsoft word 2007 :
Tapilan Microsoft Word 2010 :
Tampilan Microsoft Word 2013 :
Itulah tampilan microsoft word dari versi 95 hingga 2013 yang salah satu versinya pasti pernah anda coba,kalau dilihat dari segi tampilannya microsoft word ini memiliki tampilan yang selalu menyesuaikan dengan tampilan OS windows yang dikeluarkan berdekatan dengan ms.Word tersebut,seperti tampilan Word 97 dan 95 yang mempunyai tampian dengan taskbar silver yang sama dengan warna dominan taskbar dan menu di windows 97-2000 yang juga berwarna silver.
Sedangkan versi 2003 lebih menyesuaikan dengan tampilan windows XP dengan taskbar berwarna biru,
dan untuk versi 2007 dan 2010 dengan tampilan "Aero" khas windows 7,
dan yang paling baru adalah Microsoft word 2013 yang terlihat tampilan Bergaya "Metro" yang menjadi tampilan khas Windows 8.
D. Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana
yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa
laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai
fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas
tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan
ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai
fasilitas yang ada dalam MS WORD
·
Jenis huruf:
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
·
Pembuatan
Numbering:
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
·
Pembuatan
Outline:
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
·
Pemakaian
Break Section:
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
·
Penomoran
Halaman:
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
·
Pembuatan
Daftar Tabel:
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
·
Pembuatan
Daftar Isi:
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
·
Editing
dengan Document Map:
Agar editing yang dilakukan dapat
dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu
View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan
diedit dapat berlangsung lebih cepat)
E. Cara
Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
F. Fungsi Icon-Icon Pada Microsoft Word
·
Menu control
window : untuk menutup, mengembalikan, memindahkan, mengukur, membesarkan dan
mengecilkan jendela
·
Menu bar :
baris yang berisi menu-menu perintah
·
Toolbar :
baris yang berisi kumpulan gambar/simbol yang mewakili suatu perintah dalam
menu
·
Statusbar :
untuk menampilkan formasi tentang nomor halaman dokumen,posisi kursor,modus
pengetikan dan keterangan singkat mengenai fungsi waktu
·
Titlebar :
berisikan nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif. Baris judul
ini digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang dinginkan(digeser
dengan mouse)
·
Icon
maximize : untuk memperbesar jendela hingga satu layar penuh/mengembalikan
jendela ke ukuran sebelumnya.
·
Icon
minimize : untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif pada taskbar
·
Scroll bar :
untuk menggulung jendela dokumen pada lembar kerja kekanan/kekiri dan keatas/ke
bawah
·
Workspace
area : daerah yang digunakan untuk melakukan pengetikan dokumen.
Di pojok
kanan sebelahnya window terdapat button untuk melakukan minimize,
maximize dan menutup aplikasi word.
Perbedaan
Tab, Ribbon, dan Group:
Tab adalah sederetan menu yang ditandai
dengan teks. terdiri dari tab Home, Insert, Page Layout, References,
Mailings, Review, dan View.
Ribbon adalah area yang digunakan untuk
menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Group adalah kelompok menu dalam tiap
Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi, Ribbon menyediakan tab yang
terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group
terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.
Office
Button
Office
Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi
perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan
Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini
dibuka.
Pada bagian
bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan
untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk
menutup jendela MS Word).
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
New
|
untuk
membuat file dokumen kosong baru
|
|
2
|
Open
|
untuk
membuka file dokumen yang tersimpan
|
|
3
|
Save
|
untuk
menyimpan file dokumen aktif
|
|
4
|
Save As
|
untuk
menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
|
|
5
|
Print
|
untuk
mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
|
6
|
Prepare
|
untuk
melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
|
|
7
|
Send
|
untuk
mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
|
|
8
|
Publish
|
untuk
menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
|
|
9
|
Close
|
untuk
menutup file dokumen aktif
|
TAB HOME
Group
Clipboard
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Paste
|
untuk
menempelkan hasil copy atau cut
|
|
2
|
Cut
|
untuk
memotong teks/objek terpilih
|
|
3
|
Copy
|
untuk
menggandakan teks/objek terpilih
|
|
4
|
Format
Painter
|
untuk
meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya
|
* Tombol
panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses
pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
Group Font
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Font
|
untuk
memilih jenis huruf
|
|
2
|
Font Size
|
untuk
mengatur ukuran huruf
|
|
3
|
Grow Font
|
untuk
memperbesar ukuran huruf secara instan
|
|
4
|
Shrink
Font
|
untuk
memperkecil ukuran huruf secara instan
|
|
5
|
Change
Case
|
untuk
mengubah status huruf kapital/huruf kecil
|
|
6
|
Clear
Formatting
|
untuk
menghapus pemformatan teks terpilih
|
|
7
|
Bold
|
untuk
menebalkan teks terpilih
|
|
8
|
Italic
|
untuk
memiringkan Teks terpilih
|
|
9
|
Underline
|
untuk
memberikan garis bawah pada teks terpilih
|
|
10
|
Strikethrough
|
memberikan
tanda coret padateks terpilih
|
|
11
|
Subscript
|
untuk
mengetik karakter pemangkatan
|
|
12
|
Superscript
|
untuk
mengetik karakter pemangkatan
|
|
13
|
Text
Effect
|
untuk
memberikan efek artistik pada teks terpilih
|
|
14
|
Text
Highlight Color
|
untuk
memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
|
|
15
|
Font Color
|
untuk
mengatur warna teks terpilih
|
Group
Paragraph
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Bullets
|
untuk
memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
|
|
2
|
Numbering
|
untuk
memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
|
|
3
|
Decrease
Indent
|
untuk
menggeser baris kedua paragraf ke kiri
|
|
4
|
Increase
Indent
|
untuk
menggeser baris kedua paragraf ke kanan
|
|
5
|
Left-to-Right
|
untuk
menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
|
|
6
|
Right-to-Left
|
untuk
menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
|
|
7
|
Sort
|
untuk
menyortir data
|
|
8
|
Show
Paragraph Marks
|
untuk
menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph
|
|
9
|
Align Text
Left
|
untuk
mengatur teks rata kiri
|
|
10
|
Center
|
untuk
mengatur teks rata tengah
|
|
11
|
Align Text
Right
|
untuk
mengatur teks rata kanan
|
|
12
|
Justify
|
untuk
mengatur teks rata kanan-kiri
|
|
13
|
Line
Spacing
|
untuk
mengatur jarak antar baris teks
|
|
14
|
Shading
|
untuk
mengatur warna latar teks terpilih
|
|
15
|
Border
|
untuk
memberikan garis tepi pada teks terpilih
|
Group Styles
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Heading
Styles
|
berisi
pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
|
|
2
|
Change
Styles
|
berisi
pilihan pengaturan tema paragraph
|
Group
Editing
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Find
|
untuk
mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
|
|
2
|
Replace
|
untuk
mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu
dalam suatu file
|
|
3
|
Select
|
untuk
memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
|
TAB INSERT
Group Pages
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Cover Page
|
Untuk
membuat cover/ sampul depan
|
|
2
|
Blank Page
|
untuk
menyisipkan sebuah halaman baru
|
|
3
|
Page Break
|
Untuk
memulai halaman selanjutnya pada posisi saat ini
|
Group Table
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Table
|
untuk
membuat table
|
Group
Illustrations
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Picture
|
untuk
menyisipkan gambar ke dalam dokumen
|
|
2
|
Clip Art
|
Untuk
menyisipkan kreasi seni, film, suara atau photo yang telah terformat
|
|
3
|
Shapes
|
untuk
membuat bentuk-bentuk tertentu tanpa harus memakai aplikasi tambahan
|
|
4
|
SmartArt
|
untuk
menampilkan sebuah visualisasi informasi yang akan ditampilkan dalam bentuk
gambar, sehingga mudah dan cepat dalam pembuatannya
|
|
5
|
Chart
|
untuk
membuat diagram
|
Group Links
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Hyperlink
|
Untuk
menambahkan sebuah link untuk sebuah halaman web
|
|
2
|
Bookmark
|
untuk
menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen
|
|
3
|
Cross-reference
|
Digunakan
untuk menyisipkanfootnote,caption, cross reference, dan indeks
|
Group Header
& Footer
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Header
|
untuk
membuat teks yang selalu muncul pada bagian atas dari dokumen
|
|
2
|
Footer
|
untuk
membuat teks yang selalu muncul pada bagian bawah dari dokumen
|
|
3
|
Page
Number
|
untuk
menyisipkan nomor halaman ke dokumen
|
Group Text
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Text Box
|
untuk
menyisipkan kotak teks pada dokumen
|
|
2
|
Quick
Parts
|
untuk
menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien
|
|
3
|
WordArt
|
untuk
menyisipkan dekorasi tulisan ke dalam dokumen
|
|
4
|
Drop Cap
|
Untuk
menambahkan huruf kapital dalam ukuran besar di awal paragraph
|
|
5
|
Signature
Line
|
Untuk
menyisipkan garis tanda tangan pemilik dokumen
|
|
6
|
Date &
Time
|
untuk
menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif
|
|
7
|
Object
|
untuk
menyisipkan objek ke dalam dokumen
|
Group
Symbols
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Equation
|
untuk
membuat format matematika
|
|
2
|
Symbol
|
untuk
penyisipan simbol-simbol khusus
|
Tab Page Layout
Tab ini
terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup,
(3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.
Group Themes
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Themes
|
untuk
memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
|
|
2
|
Color
|
untuk
mengatur warna tema halaman
|
|
3
|
Fonts
|
untuk
mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
|
|
4
|
Effect
|
untuk
mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen
|
Group Page
Setup
group Page
Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks,
(6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Margins
|
untuk
mengatur batas teks di halaman dokumen
|
|
2
|
Orientation
|
untuk
mengatur posisi kertas
|
|
3
|
Size
|
untuk
mengatur ukuran halaman
|
|
4
|
Columns
|
untuk
mengatur jumlah kolom teks
|
|
5
|
Breaks
|
untuk
mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
|
|
6
|
Line
Numbers
|
untuk
mengatur kontinuitas nomor baris teks
|
|
7
|
Hypenation
|
untuk
memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
|
Group Page Background
Ada tiga
menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Watermark
|
untuk
memberikan efek tanda air di belakang teks
|
|
2
|
Page Color
|
untuk
mengatur warna latar halaman
|
|
3
|
Page
Borders digunakan
|
untuk
mengatur garis tepi halaman
|
Group
Paragraph
perintah-perintah
yang terdapat group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Indent
|
untuk
mengatur batas teks
|
|
2
|
Spacing
|
untuk
mengatur jarak antar paragraf
|
Group
Arrange
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Position
|
untuk
mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
|
|
2
|
Wrap text
|
untuk
mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
|
|
3
|
Bring
Forward digunakan
|
untuk
untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
|
|
4
|
Send
Backward digunakan
|
untuk
mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
|
|
5
|
Selection
Pane
|
untuk
menampilkan panel navigasi objek
|
|
6
|
Align
digunakan
|
untuk
mengatur posisi objek lepas
|
|
7
|
Group
digunakan
|
untuk
mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
|
|
8
|
Rotate
digunakan
|
untuk memutar,
dan membalik suatu objek terpilih
|
TAB REFERENCES
Tab
References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3)
Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of
Authorities.
Group Table
of Contens
Icon
perintah yang terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table
of Contens, Add Text, dan Update Table.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Table of
Contens
|
untuk
pengelolaan daftar isi
|
|
2
|
Add Text
|
untuk
mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi
yang sudah dibuat
|
|
3
|
Update
Table
|
untuk
memperbarui daftar isi
|
Group
Footnotes
Group ini
terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3)
Next Footnote, dan (4) Show Notes.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Insert
Footnote
|
untuk menyisipkan
catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
|
|
2
|
InsertEndnote
|
untuk
menyisipkan catatan di akhir bab
|
|
3
|
Next
Footnote.
|
untuk
memantau footnote dan endnote
|
|
4
|
Show Notes
|
untuk
memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote
|
Group
Citation & Bibliography
Group ini
terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3)
Style, dan (4) Bibliography.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Insert
Citation
|
untuk
menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
|
|
2
|
Manage
Sources
|
untuk
mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua
segmen file dokumen
|
|
3
|
Style
|
untuk
memilih bentuk bibliography yang diinginkan
|
|
4
|
Bibliography
|
untuk
menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif
|
Group
Captions
Group ini
terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption, (2) Inrert Table of
Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Insert
Caption
|
untuk
membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
|
|
2
|
Insert
Table of Figures
|
untuk
menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
|
|
3
|
Update
Table
|
untuk
melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
|
|
4
|
Cross-reference
|
untuk
menyisipkan referensi silang
|
Group Index
Group ini
terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index, dan (3)
Update Index.
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Mark Entry
|
untuk
menandai masukan baru dalam dokumen
|
|
2
|
Insert
index
|
untuk
menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
|
|
3
|
Update
Index
|
untuk
memperbarui daftar indeks terkini
|
Group Table
Ofauthorities
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Mark
Citation
|
Menambahkan
text yang telah dipilih untuk dimasukkan kedalam table of authorities
|
|
2
|
Insert
Table Of Authorities
|
Menyisipkan
table of authorities pada document
|
TAB MAILINGS
Group Create
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Envelopes
|
untuk
membuat dan mencetak amplop
|
|
2
|
Labels
|
untuk
membuat dan mencetak label
|
Group Start
Mail Merge
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Start Mail
Merge
|
untuk
membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
|
|
2
|
Select
Recipients
|
untuk
membuat daftar penerima surat
|
|
3
|
Edit
Recepient List
|
untuk
mengubah daftar penerima surat
|
Group Write
& Insert Fields
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Highlight
Merge Fields
|
untuk
mempermudah mengubah informasi yang salah
|
|
2
|
Address
Block
|
untuk
memasukan alamat pada surat yang akan dituju
|
|
3
|
Greeting
Line
|
untuk
menambah nama sapaan
|
|
4
|
Insert
Merge Field
|
untuk
menambah informasi mengenai penerima suraT
|
Group
Preview Result
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Preview
Results
|
untuk
melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat.
|
|
2
|
Find
Recipient
|
untuk
mencari daftar penerima surat
|
GROUP FINISH
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Finish
& Merge
|
untuk
mengetahui bahwa surat yang ibuat sudah lengkap
|
TAB REVIEW
Halaman pada
ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji ulang) naskah. Seperti
mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa, menyematkan komentar, dan
sebagainya.
Group
Proofing
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Spelling
& Grammar
|
Memeriksa
ejaan teks
|
|
2
|
Research
|
Membuka
panel penelitian referensi
|
|
3
|
Thesaurus
|
Saran kata
yang sepadan
|
|
4
|
Translate
|
Menerjemahkan
kata ke bahasa lain
|
|
5
|
Translation
Screen Tip
|
Memungkinkan
suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang
berhenti
|
|
6
|
Set
Language
|
Mengatur
bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
|
|
7
|
Word Count
|
Menemukan
banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam documen
|
Group
Comments
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
New
Comment
|
Memasukkan
komentar baru
|
|
2
|
Delete
|
Menghapus
komentar
|
|
3
|
Previous
|
Memperlihatkan
komentar sebelumnya
|
|
4
|
Next
|
Memperlihatkan
komentar selanjutnya
|
Group
Tracking
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Track
Changes
|
Menelusuri
perubahan yang terjadi pada dokumen
|
|
2
|
Balloons
|
untuk
memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
|
|
3
|
Display
For Review
|
Memilih
bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
|
|
4
|
Show
Markup
|
Memilih
markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
|
|
5
|
Reviewing
Pane
|
Menunjukkan
suatu revisi pada jendela yang terpisah
|
Group
Changes
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Acceptp
And Move To Next
|
menerima
perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
|
|
2
|
Reject And
Move To Next
|
menolak
perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
|
|
3
|
Previous
Change
|
MENAMPILKAN
REVISI SEBELUMNYA DI DALAM DOKUMEN SEHINGGA DAPAT MENERIMA/MENOLAK
|
|
4
|
Next
Change
|
MENAMPILKAN
DOKUMEN YANG DAPAT DITERIMA/DITOLAK
|
Group
Compare
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Compare
|
mengkombinasikan
berbagai versi dari document
|
|
2
|
Show
Source Documents
|
MENUNJUKKAN
SUMBER DOKUMEN YANG TERPILIH
|
Group
Protect
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Protect
Document
|
untuk
melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi
|
TAB VIEW
Halaman
pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan
dari aplikasi, seperti menentukan bentuk tampilan halaman, pengaturan
perbesaran (zoom) tampilan, membuat macro, mengatur
jendela-jendela yang ditampilkan, dan sebagainya.
Group
Document Views
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Print
layout
|
untuk
melihat hasil kerja yang akan di cetak
|
|
2
|
Full
screen reading
|
untuk
melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
|
|
3
|
Web layout
|
untuk
melihat hasil kerja di web
|
|
4
|
Outline
view
|
untuk
melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
|
|
5
|
Draft view
|
untuk
melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat
dibenarkannya
|
Group
Show/Hide
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Ruler,
Gridlines, Message Bar,
Formula Bar, Heading |
Memperlihatkan
penggaris, garis kisi, batang pesan,batang
formula, dan heading |
Group Zoom
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
Zoom
|
untuk
Memperbesar tampilan
|
|
2
|
100%
|
untuk
memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
|
|
3
|
One Page
|
untuk
melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
|
|
4
|
Two Page
|
untuk
melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
|
|
5
|
Page Width
|
untuk
melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman
|
Group Window
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
New Window
|
Membuka
jendela baru yang memperlihatkan dokumenTersebut
|
|
2
|
Arrange
All
|
Mengatur
semua jendela program sejajar berdampingan
|
|
3
|
Split
Window
|
Membagi
jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkanlembar kerja Anda |
|
4
|
View Side
By Side
|
Memperlihatkan
jendela berdampingan
|
|
5
|
Synchronous
Scrolling
|
Membuat
dua jendela menggulung bersamaan
|
|
6
|
Reset
Window Position
|
Menset
ulang posisi jendela berdampingan
|
Group Macros
|
No
|
Nama Icon
|
Fungsi
|
|
1
|
View
Macros
|
Memperlihatkan
macro dokumen
|
G.
Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft
Word
Kelebihan:
1. hadir dalam banyak versi, sehingga memberikan banyak pilihan.
2. lebih cepat dalam hal efisiensi.
3. fitur lwbih menarik.
1. hadir dalam banyak versi, sehingga memberikan banyak pilihan.
2. lebih cepat dalam hal efisiensi.
3. fitur lwbih menarik.
Kekurangan:
1. Dokumen yang dibuat oleh Office pada
versi sebelumnya dapat dibaca pada versi yang lebih baru, namun tidak
sebaliknya. Misalkan ketika saya membuat dokumen pada Office 2003 dan saya
berpindah komputer yang masih menggunakan Office XP maka dokumen saya tidak
akan dapat terbaca atau mungkin masih dapat terbaca namun dengan tulisan yang
tidak saya mengerti maksud dan arti katanya.
2. Microsoft Office juga tidak
mendukung format dokumen lain misalnya format Open Document ( odt, odp, odb,
odm, odf ). Sungguh tidak adil karena Open Office dapat digunakan untuk membuka
dokumen Microsoft Office namun Microsoft Office tidak dapat digunakan untuk
membuka dokumen Open Office.
3. Semua fungsi dan menu Office relatif
mudah digunakan, kecuali pada versi terbaru yaitu Microsoft Office 2007. Pada
versi ini tampilan, lokasi, dan tempat menu berubah total sehingga memerlukan
waktu yang lebih banyak untuk belajar, memahami dan membiasakan pengguna dengan
tampilan menu baru tersebut.
4. Semua dokumen yang dibuat oleh
Microsoft Office sangat rentan dan rawan terjangkit virus. Telah banyak virus
yang mengganggu dokumen yang dibuat dengan aplikasi ini. Virus tersebut
merusak, mengganti kata-kata dalam dokumen, atau bahkan yang lebih parah adalah
menghapus dokumen kita.
Virus tersebut memanfaatkan fasilitas makro yang
memang disediakan oleh Microsoft Office. Makro adalah fasilitas untuk
menambahkan script basic untuk otomatisasi dokumen. Namun ini disalahgunakan
oleh banyak orang sehingga digunakan untuk merusak dokumen.
Selain virus yang berbasis makro, banyak virus lain yang tidak berbasis makro namun memusatkan serangannya pada file dokumen Office. Sehingga semakin bertambah banyaklah perusak-perusak data anda yang berkeliaran di alam bebas.
Selain virus yang berbasis makro, banyak virus lain yang tidak berbasis makro namun memusatkan serangannya pada file dokumen Office. Sehingga semakin bertambah banyaklah perusak-perusak data anda yang berkeliaran di alam bebas.
H. Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Word 2003, 2007,2010
Ø Kelebihan Dan
Kekurangan Microsoft Word 2003
A.
Kelebihan Microsoft Word 2003
1. Berjalan lebih cepat.
2. Installer tidak besar.
3. Lebih optimal untuk mereka yang hanya menggunakan office secara umum.
4. Microsoft Word 2003 lebih familiar dan mudah penggunaannya. Karena kita
sudah terbiasa menggunakannya.
5. Menyediakan berbagai gaya tulisan yang akan memperindah tampilan naskah.
6. Pengaturan naskah relatif mudah.
7. Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.
8. Defaultnya
berformat .doc dimana pada format ini file dapat dibuka pada Microsoft Word
2007 maupun 2010.
9. Tampilannya lebih bersahabat dan dapat diatur sesuai selera tempat
peletakkannya.
10. Menyimpan file untuk web sedikit lebih simple dibanding Microsoft 2007.
11. Tab kontekstual dan style gallery tidak mengganggu.
B.
Kekurangan Microsoft Word 2003
1. Fitur web yang dimiliki kurang lengkap.
2. File yang dihasilkan ukurannya lebih besar dibanding Microsoft Word 2007.
3. Security tidak sebaik Office 2007.
4. Terlihat kuno.
5. Menu – menunya terkesan berantakan.
6. Side bar (pada startup) mempersempit lembar kerja.
7. Fasilitas masih kurang lengkap.
8. Tidak terdapat ‘office button’.
9. Loadingnya lebih lama di banding Microsoft Word 2007 dan 2010.
10. Tidak terdapat ‘smartart’. Smartart merupakan semacam
kumpulan template grafis yang mudah digunakan.
11. Perlu menginstall converter untuk dapat membuka file
format Microsoft Word 2007 dan 2010.
12. Tidak ada ‘quick acces toolbar’
13. ‘Title Bar’ terletak di pojok kiri atas setelah ikon ‘control menu’.
14. Memiliki 9 menu utama yang terkesan terlalu banyak memakan tempat.
15. Toolbar ditampilkan secara horizontal.
16. Tidak dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
17. Save as yang dimiliki masih simple, dan terkesan apa adanya.
18. Template yang disajikan masih standart.
19. Tampilan sedikit membosankan.
20. Tidak memiliki preview dari setiap icon tentang pengaturan halaman apabila
kita dekatkan kursor pada icon yang dikehendaki.
Ø Kelebihan Dan
Kekurangan Microsoft Word 2007
A. Kelebihan Microsoft Word 2007
1. Fasilitas
lebih lengkap dari versi sebelumnya.
2. Pada tampilan
menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar
dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya
kelihatan lebih menarik.
3. Terdapat
menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada
menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau
sebagainya.
4. Terdapat
‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar
gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
5. Loading
lebih cepat dari versi sebelumnya.
6. Ukuran file
yang dihasilkan lebih kecil.
7. Gaya tulisan
yang lebih banyak dan terbaru.
8. Pengaturan
naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.
9. Dapat
membaca semua file dari semua versi office yang ada.
10. Terdapat smartart.
Yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
11. Terdapat
‘quick acces toolbar’.
12. Saat menu
utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
13. Dapat
menyisipkan gambar ke dalam naskah.
14. Title Bar
terletak tepat di bagian tengah atas.
15. Mempunyai 7
menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
16. Toolbar
ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
17. Dapat
mempublish atau memposting tulisan ke blog.
18. Sudah mulai
ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang
kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.
19. Template
yang digunakan sudah mulai beragam.
20. Tampilan
lebih menarik.
21. Memiliki
preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan
kursor pada ikon yang kita kehendaki.
22. Terdapat
fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.
23. Multi
dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).
24. Desain baru
yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
25. Office 2007
dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice
2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu
menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).
26. Dilengkapi
tool dasar untuk desktop publishing.
27. Fitur lebih
mudah dieksplorasi dibanding edisi sebelumnya.
B. Kekurangan
Microsoft Word 2007
1. Perubahan
design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi
dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
2. Relatif
berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
3. Banyak fitur
yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
4. Installer
yang lebih besar.
5. Spesifikasi yang
dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM
sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih
cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
6. Minimal OS
Windows XP dengan SP2.
7. Sedikit
lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word
2003.
8. File yang
dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat
dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
9. Menyimpan
file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10. Tab
konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11. Karena
merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari
user.
Ø Kelebihan Dan
Kekurangan Microsoft Word 2010
A. Kelebihan Microsoft Word 2010
1.
Fasilitas di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word
2010 lah yang versinya paling tinggi pada saat ini.
2.
Saat pertama
kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke
lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office
2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.
3.
Ukuran file
yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.
4.
Gaya tulisan
yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.
5.
Pengaturan
naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.
6.
Dapat
membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file
format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung.
7.
Office 2010
memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
8.
Terdapat ‘quick acces toolbar’.
9.
Untuk MS
Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan
ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.
10. Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
11. Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas, layaknya Microsoft Word
2007.
12. Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft Word 2007.
13. Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar
kerja.
14. Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
15. Save as
lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan
dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara
langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons
pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada
OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office, bahkan
terhadap open source.
16. Template
baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.
17. Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada edisi yang
sebelum-sebelumnya.
18. Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita
dekatkan kursor di ikon tersebut.
19. Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.
20. Saat masuk
ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo
Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan
menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi
didalamnya jauh lebih beragam.
21. Fungsi print
preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada menu File.
22. Pada Microsoft
Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk
file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen
(.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.
23. Loading
lebih cepat dan lebih ringan.
B. Kekurangan Microsoft Word 2010
1.
Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007
sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi
sebelumnya.
2.
Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3.
Tidak terdapat ‘Office Button’.
4.
Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal
converter untuk dapat membuka file Office 2010.
5.
Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu
Sumber
:






Tidak ada komentar:
Posting Komentar